Informasi terkini dan seputar handphone android, tips trik, review dan berita berita teknologi android saat ini

Cara Mengatasi Gadget Android Biar Gak Lemot

Cara Mengatasi Gadget Android Biar Gak Lemot

Cara Mengatasi Gadget Android Biar Gak Lemot - Pernah merasa gadget Android Anda lambat? Jika iya, jangan khawatir, hal tersebut wajar dan banyak dirasakan oleh pengguna tablet Android lainnya. Penyebab lambatnya tablet Android bisa dari berbagai faktor seperti space memori, RAM, terlalu banyak aplikasi, dan beberapa hal lain. Bagaimana cara mengatasi tablet android yang lambat? Berikut beberapa cara untuk Anda Mengatasi Android Biar Gak Lemot.


1. Uninstall Aplikasi yang tidak berguna

Berapa banyak aplikasi yang ada di Androidmu? Apakah semuanya kamu pake, kalo enggak kamu musti melakukan efisiensi, salah satunya dengan bersih-bersih aplikasi yang jarang sekali dipakai. Karena makin banyak aplikasi makin banyak pula storage yang kamu pakek. Kalau udah gitu lama-lama bisa jadi lemot, apalagi banyak juga aplikasi yang meskipun gak dipake tapi bekerja background yang secara otomatis memperberat kerja RAM.

2. Membersihkan Cache secara Berkala

Sebagai OS, sebenarnya android masih banyak kelemahan. Salah satunya adalah cache atau bisa dibilang sampah dihital. Jadi semakin lama android digunakan semakin banyak pula cache yang ditinggalin. Lama-lama jadi menuhin hardisk. Untungnya sistem sendiri udah nyediain tool buat clear cache ini, atau kamu juga bisa menginstall aplikasi tambahan.

3. Perhatikan Widget sama Live Wallpaper

Punya android dengan tampilan yahud emang bikin seneng, apalagi android emang banyak nyediain live wallpaper sama widget buat mempercantik lockscreen kamu. Tapi, kamu musti ngitung-itung juga sama kemampuan HP, kalau terlalu banyak menggunakan widget juga gak cantik lagi justru malah bikin lemot. Live wallpaper emang bagus sih, tapi sama kayak widget, bikin lemot dan boros baterai.

4. Disable Animation

Cara ini juga lumayan efektif. Caranya gini masuk ke Settings, About Phone, scroll down to Build number, and tap tujuh kali. kamu sekarang dapet akses untuk developer options.

5. Downlod Update Software

Jangan lupa secara berkala kamu melakukan check untuk update software, karena bisa jadi androidmu jadi lemot karena belum di update.  Kalau untuk update aplikasi kamu bisa lihat changelog-nya dulu atau lihat review-reviewnya. Kebanyakan sih update aplikasi android biar jadi lebih bagus, tapi gak semuanya juga.


Ini juga merupakan cara efektif buat mempercepat kinerja android. Ini memberikan kamu akses super user yang berguna untuk berbagai hal, seperti overclock kinerja processor, menginstall kostum room dsb. Tapi ingat dengan mengeroot artinya kamu gak lagi dapet garansi resmi, resiko tanggung sendiri.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 10:53 AM and have